Tresna Art merupakan pusat batik tulis dan souvenir khas Madura yang terletak di kota Bangkalan. Bangunan berarsitek joglo khas Madura yang bernuansa ekslusif, tersembunyi, namun mudah ditemukan ini merupakan pusat informasi budaya Madura. Dengan datang ke Tresna Art para wisatawan tidak perlu berkeliling Pulau Madura untuk mendapatkan batik tulis dan souvenir khas Madura. Tresna Art menyediakan batik tulis dari seluruh kabupaten di Madura yang berkualitas dengan harga terjangkau. Disediakan juga kerajinan Madura seperti: pecut, odheng, hiasan dinding, ukiran karduluk (sumenep) dan berbagai kerajinan lainnya. Selain itu juga menyediakan camilan khas Madura seperti: kacang lorjuk, otok, kripik gayam, talas, singkong, emping, rengginang lorjuk, satru, jhuko’ kerreng, rung terung, petis. Dan barang tentub ragam kuliner seperti soto jagung, topa’ ladeh, tajin peddis, dll.

 

Guna memanjakan para pengunjung, Tresna Art membuka Paket Wisata Petik Salak gratis (musiman), tajhin sobih (bubur madura) gratis setiap hari minggu, dan juga dibuka pelatihan batik gratis khusus hari sabtu dan minggu. Tresna Art juga menyuguhkan welcome drink berupa minuman khas Bangkalan (poka’), kopi jahe, serta pisang rebus yang dapat dinikmati secara gratis oleh para pengunjung. Dan untuk lebih mengenal budaya Madura, para pengunjung juga bisa melihat rumah adat Madura yang terletak di belakang galeri.

 

Tidak berlebihan saat ini Tresna Art menjadi jujugan wisatawan lokal maupun asing. Banyak pejabat, tokoh nasional, artis ibu kota, bahkan Putri Indonesia 2006 Nadine Candrawinata pernah singgah di Tresna Art.

 

Batik Tulis Tresna Art Diakui Secara Nasional

Tak hanya diakui oleh warga lokal, pada tanggal 22 Juli 2013, eksistensi dari Tresna Art telah diakui oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, dan memperoleh penghargaan sebagai “Perusahaan yang Memproduksi dan Memperdagangkan Batik Tulis secara Konsisten”.